Monday, April 04, 2005

Ujian untuk belajar apa belajar untuk ujian ?!?

Kairo, "wan nt kamana wae .. tara ka imah, diajar nya? eduunn siah?" (wan lo kemana aja, kagak pernah ke rumah, belajar yaah?) gitu lah sapaan hangat si Angga, temen karib gwe.. emang rumah dia tempat gwe mampir, numpang, minta makan, dan lain2 hehe..

Ujian di AL-azhar memang kadang seperti hantu datang ditengah malam, menyeramkan, dan sangat menegangkan. masalah ujian dengan bahasa arab itu mah dah pasti, yg lebih mengerikan, soal dalam ujian, meski gk pernah lebih dari 4 soal, kadang membuat otak seperti di peraass... ampe keluar semua maklumat yg ada. karna kadang hal-hal kecilpun tiba2 keluar dalam ujian dan itu gk disangka2...

tapi kadang kita memang gk belajar kalau ujian masih jauh, selain kita gk da tugas, kita juga gk dihadapkan absensi, jadi kadang terlena..

aku sempat mikir pertanyaan kawan ku "wan yg lo kerjain skrng ini apa ngejamin kesuksesan lo ntar?, lo blajar mati-matian apa itu ngejamin?" dan serentetang pertanyaan lain. makanya yg terbersit adalah "gwe ujian untuk apa?" gwe blajar untuk apaa? gwe belajar filsafat, yunani mulai dari Tales, Safesto, Aristo, dan filsafat islam, filsafat barat, Hegel dan kawan-kawan.. apa itu yg akan gwe bawa?

lantas gwe mesti berbekal apaan? kalau ternyata masyarakat hanya tanya "sholat yg bener itu gimana seh?" kenapa yaah islam yg katanya damai kok malah banyak pencuri? apa karna salah agama atau salah didikan?, kenapa yaah sholat kok ngadep kiblat? kenapa yaah sholat mesti make sarung?, Kenapa kenapa dan kenapa.. semua masalah yg debatable..

Setelah ini, apa yg musti gwe lakukan? jadi Imam di masjid? jadi tukang ceramah di mushola-mushola? Nasehatin orang padahal gwe sendiri selalu melanggarnya. memberi solusi padahal gwe sendiri gk tau kongkritnya gimana? mencari nafkah dengan menjadikan agama sumber rizki? "menjual" ayat-ayat tuhan yg disusupi humor-humor biar orang tertawa? padahal ayat-ayat itu gk pernah gwe amalkan? tapi dengan lantang gwe nyuruh orang ngamalin ayat-ayat itu... apa itu bukan ngejual ayat tuhan untuk mendapatkan 100- 200 ribu?

Aku sering mikir jauh ke sana.. seakan berputar-putar di otaku menjadi aku ingin berontak... kenapa aku begini? apa yg sebetulnya harus aku lakukan?

aku pernah ngobrol sama kawan ... malam-malam itu.. si Nanda namanya anak jakarta, juga si angga dan si kojor.. saat itu pertanyaannya simple, gwe bilang ma si angga "ga lo percaya ma gwe apa ma si kojor?" dia jawab "gwe percaya ma Tuhan" jawaban itu yg paling gwe sebel.. tuhan memang berkuasa untuk memberikan informasi apa saja lewat ilham, tuhan bisa berbuat apa saja.. kalau seandainya spt itu buat apa ada ijtihad? kenapa tuhan sendiri bilang wafi anfusikum afala tubsirun (dan pada dirimu apakah kamu tidak pernah memikirkannya?" "apakah kamu tidak memikirkan bagaimana unta-unta itu diciptakan" "dan bacalah dengan nama tuhanmu yg menciptakan". semua ayat-ayat itu mengajak mencari solusi, bukan berarti lepas bergantung pada tuhan. tapi, tuhan memberikan kebebasan untuk mencari tau, kenapa kamu hidup? untuk apa kamu hidup? dan kemana kamu akan dikembalikan?"

ujian dah deket... apa yg bisa gwe lakukan kecuali berdoa... smg tuhan memberikan kemudah untukku belajar...

"tuhan aku tidak tau apa-apa kecuali yg Kau ajarkan lewat yg ku baca, alam, angin, matahari, manusia, hewan dunia.. dan semua ciptaanmu.. agar aku sedikit tau bahwa Kau ada.. dan kepada-Mu aku di kembalikan"

eh iyach jadi lupa.. aku dah bikin blog baru make wordpress.. kebetulan dapat hostingnya.. jadi enak .. sekalian dibuatin domainya juga.. ma mrk.. asik bangett... cuman lom da skinnya baru buat seh.. dia ada disini

No comments: