Friday, May 20, 2005

Curat coret buku


semua orang pasti mau lulus, mau berhasil, mau naek, mau selesai dengan cepat, mau melanjutkan S2 dan lain sebagainya.. intinya semua orang mau hal-hal yang baik.. ujian bagi gwe merupakan satu hal yg momok banget, saat ujian rasa cape, males, sakit perut, apa lah... ingin chating ingin nge-Blog, ingin ini itu selalu saja muncul, padahal ujian sudah bentar lagi.

memang sangat berat sekali ujian tahun ini, entah apa yg nyebabin berat bagi gwe adalah karna gwe memang kurang matang persiapannya, selain buku paket terlambat turun, dan terlambat beli, juga banyak ngerjain hal-hal yang kurang positif dan kurang urgen untuk dikerjakan..

Membaca buku, mencoretinya, dan ngapa-ngapain memang sudah dari kapan tau.. cuman nempel apa kagak tuh gwe gk ngerti, seperti buku mantik ini, buku yg paling menjadi momok, selain mata kuliah tauhid ... cuman buku ini sepertinya menyeramkan sekali, beberapa kali aku baca kadang kagak nyambung, mantik modern memang berbeda dengan matik qodim buatan aristo. mantik yang memang didasari dengan tajribah, atau experiment untuk menyajikan satu stetment logis. berbeda dengan pengamatan aristo.. dan lain sebagainyaaa... ahirnya yg muncul kemudian ini dan itu.. bercampur-campur dengan pelajaran filsafat, tauhid dan lain-lain, yg sama memuat tokoh2 filsafat yunani itu.. buset dah..

sebenarnya gwe dah nawaitu off ngeblog sebelum ujian kelar, cuman, sepertinya kangen sekali untuk nulis disini, kangen ama kawan-kawan. dan kangen aja gitu.. memang blogging sudah menjadi kesenangan tersendiri bagi gwe.. kaya membuat skin dan ngutak ngatek blog meski sampe skrng kagak ada perkembangan signifikan dari skil bloging gwe..memang dalam bloging gwe hanya seneng aja, tidak sampe mendalam, bagi gwe.. tau sedikit akan banyak hal lebih baik dari pada tau banyak tentang sedikit hal, paling tidak gwe bisa diterima disemua komponen masyarakat.. keragaman itu yg mencerminkan hidupnya satu komunitas .. maka saat gwe tidak menjadikan diri sendiri plural maka komunitas akan membuang gwe jauh..

hari rabu siang gwe terima telpon dari seorang pengurus Pimpinan Pusat Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Mesir (DPP PPMI), dia meminta gwe untuk datang pada acara jajak pendapat bersama duta besar, tentang draf pengurusan anak baru. yang ternyata draf itu sudah terlanjur disosialisikan ke mahasiswa, padahal belum final, itu yang mengundang kawan-kawan mediator penerimaan mahasiswa baru menjadi kecewa, dan sedikit agak "marah". maka, jam 11 sore hari kamis kemaren,gwe datang bareng ma kawan-kawan untuk partisipasi mendukung temen-temen sesama mediator penerimaan mahasiswa baru al-azhar, yang tidak menerima draf-draf yang dilakukan secara sepihak oleh Team perumus.

draf yang paling menjadi sorotan adalah, adanya panitia di indonesia untuk penerimaan mahasiwa baru itu, dengan biaya yang sangat-sangat besar... sewa rumah aja 1.500.000 perbulan, dikali tiga bulan sudah berapa juta itu? belum lagi pulsa HP, bayar listrik, sosialisasi ke pondok-pondok atau aliah negeri yang akan mengirim muridnya ke kairo, pengurusan mediator dari sulawesi yang harus ke jakarta dan lain sebagainya.. karna pertimbangan itu kita merasa bahwa tim panitia PPMI tidak harus berada di Jakarta. karna hanya akan membebani mereka sendiri.

Yaaah beginilah belajar hidup ... mengaca dari satu dua peristiwa yang kadang nampak didepan dengan gamblang, tapi kadang gwe gk pernah ambil hikmah dari itu semua, tuhan memang selalu mengajari manusia dengan alam, dengan kejadian, dengan pengalaman, dengan apa yang kita lihat, dengar, dan kita rasakan.

pelajaran sesimple apapun, terlepas dari sisi mana gwe melihat, ternyata sangat punya peran penting dalam pembentukan kedewasaan, --mungkin itu terlalu idealis-- maksudnya dalam pembentukan satu kepribadian, cara berfikir, cara memutuskan dan cara mencari solusi yang adil.

Saat sehari atau dua hari gwe berjalan... apa yg dapat gwe petik untuk berjalan dua hari berikutnya? mungkin gwe akan bilang "tidak ada" karna gwe memang tidak jeli dalam memandang dunia.. dunia terlalu indah dari hanya sekedar dilihat, terlalu indah dari hanya sekedar dipuji, terlalu indah dari hanya sekedar dirasakan.. tetapi dunia adalah yang gwe lihat, gwe denger dan gwwe rasa lalu menjadinya analogi untuk melihatnya dihari berikutnya.....

No comments: