Tuesday, January 25, 2005

Nabi Adam mempunyai Orang Tua ?

Suatu waktu aku baca sebuah buku hasil terjemahan, Adam bukan manusia pertama? dikarang oleh abdus subur sahin, yang diterjemahin di indonesia oleh Yesi .. aku gk ngeh pertama liat ini, tapi setelah aku beli aku coba baca ternyata kok sangat menarik, setelah sampe di kairo aku bei majalah mingguan, yg terbit setiap hari sabtu.. itu mungkin majalah yg agak liberal gitu.. namanya RUZ YUSUF .. ada disana tulisan abdul Shobur sahin, aku tertarik untuk baca .. dan ternyata wawancara dia dengan kru Ruz Yusuf, makin seru lagi ternyata terjemahan itu judul aslinya Abi Adam (orang tua adam) makin seru lagi tuh

ahirnya aku mulai membaca ..dan terus membaca ... ada satu keyakinan yg selama ini aku pegang bahwa .. tuhan menciptakan ada seperti boneka dari tanah wallahu a`lam, lalu dia tiup kan ruh dan jadilah nabi adam. lalu kalau seandainya nabi adam dari kita hanya berjarak jutaan tahun ... lalu tulang belulang manusia yang ditemukan jutaan tahun itu bagaimana? maksudnya menurut ilmu geology bahwa ada sosok atau ada bentuk manusia sebelum adam, seperti manusia Jawa, Manusia Peking dan lain sebagainya.. sampai homo sapien dll.

abdul shobur shahin menawarkan sebuah interpretasi quran, karna quran tidak pernah salah dan dia tidak mungkin melakukan kesalahan yang salah adalah ... penafsiran manusia yang sangat lemah. Abdu shobur menyakini bahwa ada perbedaan antara kalimat al-insan adan al-Basyar dalam al-Quran, dan dia juga menegaskan bahwa teory evolusi adalah benar adanya, tetapi tidak dari bentuk ke bentuk yang baru, atau dari spesis ke spesis yang baru, tapi dari satu spesis ke spesis yang lebih sempurna.

manusia yang beliau katakan dulunya tidak punya akal, lalu dia tiupkan ruh dan Tuhan kasih pendengaran dan Bahasa, sehingga dia layak menjadi kholifah dibumi ...

wah ... lalu bagaimana neh? penciptaan adam sebenarnya? yang dia tegaskan bahwa Tuhan menciptakan manusia itu melalui proses, seperti halnya Dia menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari .. ingat 6 hari menurut tuhan adalah 6000 tahun menurut manusia ... so ... what >??

lalu ... keyakinan kita selama ini bagaimana? apa kita semau salah?

aku lagi membaca antitesisnya .. tapi lom kelar .. jadi bersambung

No comments: